• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Korelasi Antara Strategi Pembelajaran dengan Minat Belajar Warga Belajar di Kelompok Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MOCH. FANANI HAFIZH.pdf (234.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    M. Fanani Hafizh
    AT.Hendrawijaya
    Niswatul Imsiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan keaksaraan fungsional merupakan pendidikan baca tulis hitung huruf latin yang diberikan kepada warga masyarakat usia produktif namun masih memiliki keterbatasan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran keaksaraan fungsional diperlukan pemilihan strategi yang tepat agar minat belajar dari warga belajar dapat meningkat dan menjadi patokan keberhasilan pelaksanaan program keaksaraan fungsional. Rumusan masalah adalah seberapa besar korelasi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar warga belajar di kelompok keaksaraan fungsional kenanga indah Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui korelasi antara strategi belajar dengan minat belajar. Manfaat dari penelitian mendukung pengembangan Program Keaksaraan Fungsional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penentuan responden menggunakan tehnik populasi, analisis data menggunakan korelasi tata jenjang (Range Difference Corelation). Hasil penelitian tingkat korelasi antara Strategi Pembelajaran dengan minat belajar 0.770 sebagai r hitung dengan tingkat hubungan kuat. korelasi terbesar antar indikator terdapat pada strategi pembelajaran eksperiensial dengan intensitas belajar sebesar 0.773 dan tingkat korelasi terkecil antar indikator terdapat pada strategi pembelajaran eksperiensial dengan keaktifan 0.407 dengan tingkat hubungan cukup kuat. Kesimpulan adanya korelasi yang kuat antara strategi pembelajaran dengan minat belajar warga belajar. Saran proses pembelajaran hendaknya diikuti secara aktif serentak untuk kualitas keberhasilan program.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63652
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository