dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika pada siswa kelas XI MIA-G di SMA Negeri 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan wawancara. Soal yang diberikan kepada siswa adalah soal pengajuan masalah (problem posing). Lembar tes akan di analisis berdasarkan 3 kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengajukan masalah matematika. Penentuan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (TKBK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 tingkat yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3(kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), TKBK 0 (tidak kreatif). Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa dari siswa berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada TKBK 4 dan TKBK 2. Siswa yang berada pada TKBK 4 memenuhi semua kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan sedangkan siswa yang bearda pada TKBK 2 memenuhi kefasihan dan fleksibilitas. 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang berada pada TKBK 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi satu kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah berada pada TKBK 0 karena tidak memenuhi semua kriteria berpikir kreatif. | en_US |