• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengajukan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    MAULINDA FITRI SEPTIANINGRUM.pdf (256.5Kb)
    Date
    2015
    Author
    Maulinda Fitri Septianingrum
    Susi Setiawani
    Nurcholif Diah.S.L
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika pada siswa kelas XI MIA-G di SMA Negeri 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan wawancara. Soal yang diberikan kepada siswa adalah soal pengajuan masalah (problem posing). Lembar tes akan di analisis berdasarkan 3 kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengajukan masalah matematika. Penentuan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (TKBK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 tingkat yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3(kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), TKBK 0 (tidak kreatif). Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa dari siswa berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada TKBK 4 dan TKBK 2. Siswa yang berada pada TKBK 4 memenuhi semua kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan sedangkan siswa yang bearda pada TKBK 2 memenuhi kefasihan dan fleksibilitas. 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang berada pada TKBK 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi satu kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah berada pada TKBK 0 karena tidak memenuhi semua kriteria berpikir kreatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63643
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository