• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN PETA TEMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    IRWAN PUTRA PRATAMA.pdf (292.2Kb)
    Date
    2015
    Author
    Irwan Putra Pratama
    Suranto
    Sumarno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang didapatkan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sejarah kurang efektif, ditemukan peserta didik yang nilai pembelajaran sejarahnya rendah dan cenderung bosan terhadap pembelajaran sejarah karena media pembelajarannya membosankan, peserta didik juga tidak aktif dalam hal pembelajaran sejarah seperti bertanya, mengajukan pendapat, dan memberi masukan. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik mengakibatkan hasil belajar rendah, untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan perubahan media dengan menggunakan media pembelajaran peta tematik. Peta tematik adalah sebuah pijakan peta yang berisi tata letak, keterangan tempat, serta berbagai keterangan atau konsep-konsep yang menghuni untuk memperjelas dan menganalisis tentang suatu keadaan di dalam peta tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah dengan pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Februari sampai bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan dengan jumlah 32 orang. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1, 2, dan 3 menunjukkan peningkatan yang sangat antusias dan aktif dalam indikatornya, aktivitasnya dinilai melalui deskripsi. Hasil belajar kognitif pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 65,62%, pada siklus 2 memperoleh 75,00% dengan peningkatan 14,29%, pada siklus 3 meningkat 12,49% menjadi 84,37%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63612
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository