PEMANFAATAN PETA TEMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Permasalahan yang didapatkan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sejarah kurang efektif, ditemukan peserta didik yang nilai pembelajaran sejarahnya rendah dan cenderung bosan terhadap pembelajaran sejarah karena media pembelajarannya membosankan, peserta didik juga tidak aktif dalam hal pembelajaran sejarah seperti bertanya, mengajukan pendapat, dan memberi masukan. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik mengakibatkan hasil belajar rendah, untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan perubahan media dengan menggunakan media pembelajaran peta tematik. Peta tematik adalah sebuah pijakan peta yang berisi tata letak, keterangan tempat, serta berbagai keterangan atau konsep-konsep yang menghuni untuk memperjelas dan menganalisis tentang suatu keadaan di dalam peta tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah dengan pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Februari sampai bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan dengan jumlah 32 orang. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1, 2, dan 3 menunjukkan peningkatan yang sangat antusias dan aktif dalam indikatornya, aktivitasnya dinilai melalui deskripsi. Hasil belajar kognitif pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 65,62%, pada siklus 2 memperoleh 75,00% dengan peningkatan 14,29%, pada siklus 3 meningkat 12,49% menjadi 84,37%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan peta tematik sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panarukan.
Collections
- SRA-Education [1352]