Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUNINGSIH, Ika Sri
dc.contributor.authorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.authorSIHONO
dc.date.accessioned2015-09-25T08:54:06Z
dc.date.available2015-09-25T08:54:06Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63604
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN TLogosari 01 Bondowoso pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan lingkungan nyata dan pengalaman langsung di sekitar siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan pembelajaran matematik realistik, rata-rata akitivitas siswa secara klasikal meningkat dari 68,7 pada siklus I menjadi 83,2 pada siklus II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa secara klasikal yang meningkat dari 68,44 pada siklus I menjadi 81,4 pada siklus II.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIKen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectPERSEGIen_US
dc.subjectPERSEGI PANJANGen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Persegi, Persegi Panjangen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record