Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Persegi, Persegi Panjang
View/ Open
Date
2015Author
WAHYUNINGSIH, Ika Sri
SUGIARTI, Titik
SIHONO
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN TLogosari 01 Bondowoso pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan lingkungan nyata dan pengalaman langsung di sekitar siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan pembelajaran matematik realistik, rata-rata akitivitas siswa secara klasikal meningkat dari 68,7 pada siklus I menjadi 83,2 pada siklus II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa secara klasikal yang meningkat dari 68,44 pada siklus I menjadi 81,4 pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]