Show simple item record

dc.contributor.authorFrina Rachmawati
dc.contributor.authorPujiastuti
dc.contributor.authorSulifah Aprilya H
dc.date.accessioned2015-09-25T07:31:23Z
dc.date.available2015-09-25T07:31:23Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63591
dc.description.abstractKualitas pembelajaran ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola kegiatan pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran siklus belajar ( Learning Cycle 5E) berbantuan LKS. Perbaikan dalam proses pembelajaran perlu dibangun dan dikembangkan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif antara guru dengan siswa. Dalam hal ini siswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya, pembelajaran di SMP 14 Jember masih bersifat konvensional, dimana sistem penyampaiannya lebih banyak didominasi oleh guru, sedangkan siswa cenderung diam dan secara pasif menerima materi pelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, selain itu juga minat untuk melakukan praktikum sederhana dan membaca juga rendah sehungga siswa kurang memahami konsep materi yang disampaikan.  Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu siklus belajar ( Learning Cycle 5E) berbantuan LKS. Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Jember. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII D semester I SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 20014/2015. Berdasarkan analisis hasil penelitian motivasi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus I ke pasca siklus II yaitu pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 1,35 (4,22%), aspek relevance meningkat sebesar 2,89 (9,03%), aspek confidence meningkat sebesar 1,57 (4,9%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,38 (7,44%) selain itu diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu pada ranah kognitif dari pra siklus, siklus I dan siklus II meningkat sebesar 32,2% dan  ranah psikomotor meningkat sebesar 15,6%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSiklus Belajar 5Een_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMotivasi,en_US
dc.subjectLembar Kerja Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record