• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

    Thumbnail
    View/Open
    ERLY NURUL HIDAYAH.pdf (358.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    MARJONO,
    Erly Nurul Hidayah,
    Nurul Umamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar dalam paradigma baru ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Faktanya saat dan sesudah pembelajaran sejarah berlangsung pendidik kurang memfasilitasi tumbuhnya kreativitas peserta didik sehingga peserta didik cenderung pasif dan kurang kreatif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan merubah metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek dan teknik penilaian produk. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk pada peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Maret sampai bulan Mei 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran dengan jumlah 37 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian kreativitas peserta didik secara klasikal pada siklus I memperoleh persentase 59,86%, pada siklus II meningkat sebesar 9,05% dan pada siklus III meningkat 9,60%. Hasil belajar yang diukur adalah ranah psikomotorik. Hasil belajar psikomotorik peserta didik diukur dengan penilaian produk. Pada siklus I memperoleh persentase 57,70%, pada siklus II meningkat 10,13%, pada siklus III meningkat sebesar 9,87%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63561
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository