Hubungan antara Metode Bercerita dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik Tahun 2015
View/ Open
Date
2015Author
Desy Risky Amelia
Marijono
Deditiani Tri Indrianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Metode bercerita merupakan kegiatan menyampaikan cerita yang dilakukan oleh pendidik kepada anak usia dini untuk memberikan pengalaman belajar melalui suara dan gerak. Metode bercerita tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan aspek bahasa anak, melainkan juga mengembangkan aspek sosial emosional anak. Oleh karena itu, penting untuk diketahui hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini, khususnya di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Setelah data terkumpul, data tersebut di analisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang. Dari hasil analisis, diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang ditunjukkan oleh rhitung sebesar 0,749. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0,648 (dengan N=10 dan taraf kepercayaan 95%), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik tahun 2015.
Collections
- SRA-Education [1352]