Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Ambarwati, Ambarwati
dc.contributor.authorNurul Umamah, Umamah
dc.contributor.authorSri Handayani, Handayani
dc.date.accessioned2015-09-11T02:30:55Z
dc.date.available2015-09-11T02:30:55Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63396
dc.description.abstractSalah satu permasalahan dalam pembelajaran sejarah adalah cara penyampaian mata pelajaran sejarah terkesan tidak menarik, maka berdampak pada retensi peserta didik yang rendah dan hasil belajar yang rendah. Retensi penting dalam pembelajaran sejarah karena karakteristik dari materi sejarah yang berisikan angka tahun dan peristiwa-peristiwa penting. Oleh karena itu, di temukan solusi untuk memecahkan permasalah dalam pembelajaran sejarah yaitu Metode Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan cara penyampaian mata pelajaran dengan mengoptimalkan peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada retensi jangka panjang. Media Word Square merupakan media bantu yang berisi kata kunci sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan retensi dan hasil belajar sejarah melalui penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dengan Media Word Square pada peserta didik kelas X IIS3 SMAN 2 Genteng. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Mei sampai Juni 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS3 SMAN 2 Genteng dengan jumlah 33 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah retensi dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan retensi peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus I persentase retensi peserta didik mencapai 89%, pada siklus II memperoleh 92,09% meningkat sebesar 3,47%, pada siklus III memperoleh 94,23% meningkat 2,32%. Pada siklus I hasil belajar kognitif memperoleh rata-rata sebesar 74,45, pada siklus II memperoleh rata-rata 78,18 meningkat sebesar 5,01%, pada siklus III memperoleh rata-rata 79,59 meningkat 1,80%. Pada siklus I hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 61,1%, pada siklus II memperoleh persentase 73%  meningkat 19,42% dan pada siklus III memperoleh persentase 79,2% meningkat 8,65%. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Word Square dapat meningkatkan Retensi dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik kelas X IIS3 SMA N 2 Genteng Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectRetensi,en_US
dc.subjectHasil belajar peserta didiken_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record