PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA
View/ Open
Date
2014Author
Linda Ambarwati, Ambarwati
Nurul Umamah, Umamah
Sri Handayani, Handayani
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran sejarah adalah cara penyampaian mata pelajaran sejarah terkesan tidak menarik, maka berdampak pada retensi peserta didik yang rendah dan hasil belajar yang rendah. Retensi penting dalam pembelajaran sejarah karena karakteristik dari materi sejarah yang berisikan angka tahun dan peristiwa-peristiwa penting. Oleh karena itu, di temukan solusi untuk memecahkan permasalah dalam pembelajaran sejarah yaitu Metode Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan cara penyampaian mata pelajaran dengan mengoptimalkan peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada retensi jangka panjang. Media Word Square merupakan media bantu yang berisi kata kunci sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan retensi dan hasil belajar sejarah melalui penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dengan Media Word Square pada peserta didik kelas X IIS3 SMAN 2 Genteng. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Mei sampai Juni 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS3 SMAN 2 Genteng dengan jumlah 33 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah retensi dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan retensi peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus I persentase retensi peserta didik mencapai 89%, pada siklus II memperoleh 92,09% meningkat sebesar 3,47%, pada siklus III memperoleh 94,23% meningkat 2,32%. Pada siklus I hasil belajar kognitif memperoleh rata-rata sebesar 74,45, pada siklus II memperoleh rata-rata 78,18 meningkat sebesar 5,01%, pada siklus III memperoleh rata-rata 79,59 meningkat 1,80%. Pada siklus I hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 61,1%, pada siklus II memperoleh persentase 73% meningkat 19,42% dan pada siklus III memperoleh persentase 79,2% meningkat 8,65%. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Word Square dapat meningkatkan Retensi dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik kelas X IIS3 SMA N 2 Genteng Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014.
Collections
- SRA-Education [1352]