dc.description.abstract | Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik
awal pembelajaran, siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja bahkan diharapkan dapat mengkonstruksi atau
membangun sendiri pengetahuan yang akan diperolehnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan
penerapan pendekatan matematika realistik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data hasil belajar siswa
secara klasikal pada siklus 1 dan 2 yaitu 71,68% dan 83,68%. Pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar dan dapat
dikatakan hasil belajar siswa secara klasikal sudah tuntas dan penelitian dapat dihentikan. Hal ini menunjukkan bahwa
pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa | en_US |