Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
dc.contributor.author | RAMADHANTI, Geby | |
dc.contributor.author | NURIMAN | |
dc.contributor.author | KHUTOBAH | |
dc.date.accessioned | 2015-08-31T04:26:22Z | |
dc.date.available | 2015-08-31T04:26:22Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63265 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPA di kelas V b SDN Ajung 03 masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu suatu metode yang menititikberatkan pada guru sebagai subyek aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Menerapkan strategi pembelajaran yan efektif hakikatnya adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Strategi pembelajaran discovery dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V b SDN Ajung 03 pada pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana. Strategi discovery adalah strategi yang menititikberatkan pengalaman siswa dalam membuat generalisasi sampai siswa menyadari suatu konsep. Pada pelaksanaannya strategi discovery mempunyai tahapantahapan: (1) simulation; (2) probelm statment; (3) data collection; (4) data processing; (5) verivication; (6) generalization. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan McTaggart, strategi discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | STRATEGI DISCOVERY | en_US |
dc.subject | MOTIVASI BELAJAR | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.subject | PESWAT SEDERHANA | en_US |
dc.title | Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
SRA-Education [1352]
Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)