Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas V b SDN Ajung 03 masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu suatu metode yang
menititikberatkan pada guru sebagai subyek aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi
siswa dan hasil belajar siswa. Menerapkan strategi pembelajaran yan efektif hakikatnya adalah upaya untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Strategi pembelajaran discovery dipilih sebagai solusi untuk
meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V b SDN Ajung 03 pada pembelajaran IPA pokok bahasan
pesawat sederhana. Strategi discovery adalah strategi yang menititikberatkan pengalaman siswa dalam membuat
generalisasi sampai siswa menyadari suatu konsep. Pada pelaksanaannya strategi discovery mempunyai tahapantahapan: (1) simulation; (2) probelm statment; (3) data collection; (4) data processing; (5) verivication; (6)
generalization. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan
McTaggart, strategi discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]