Show simple item record

dc.contributor.authorFitria Fatmawati, Fatmawati
dc.contributor.authorSuratno
dc.contributor.authorSulifah Aprilya Hariani, Hariani
dc.date.accessioned2015-08-28T02:31:01Z
dc.date.available2015-08-28T02:31:01Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63235
dc.description.abstractBahan ajar adalah bahan atau material atau sumber belajar yang mengandung substansi kemampuan tertentu yang akan dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku siswa berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar siswa setelah menggunakan buku siswa berbasis Problem Based Learning pokok bahasan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa, hasil penilaian kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar kognitif dan afektif, serta hasil pengisian angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Kelayakan buku siswa ditunjukkan dengan rata-rata hasil validasi oleh validator ahli dan pengguna yang mencapai 76,67% dan 90,62%. Buku siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan persentase kenaikan kemampuan pemecahan masalah 38,74% serta hasil belajar kognitif dan afektif sebesar  60,54% dan 16,30%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectBuku siswaen_US
dc.subjectKemampuan pemecahan masalahen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePengembangan Buku Siswa Berbasis Problem Based Learning Pokok Bahasan Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jenggawahen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record