Pengembangan Buku Siswa Berbasis Problem Based Learning Pokok Bahasan Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jenggawah
View/ Open
Date
2014Author
Fitria Fatmawati, Fatmawati
Suratno
Sulifah Aprilya Hariani, Hariani
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahan ajar adalah bahan atau material atau sumber belajar yang mengandung substansi kemampuan tertentu yang akan dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku siswa berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar siswa setelah menggunakan buku siswa berbasis Problem Based Learning pokok bahasan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa, hasil penilaian kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar kognitif dan afektif, serta hasil pengisian angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Kelayakan buku siswa ditunjukkan dengan rata-rata hasil validasi oleh validator ahli dan pengguna yang mencapai 76,67% dan 90,62%. Buku siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan persentase kenaikan kemampuan pemecahan masalah 38,74% serta hasil belajar kognitif dan afektif sebesar 60,54% dan 16,30%.
Collections
- SRA-Education [1352]