• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Siswa Berbasis Problem Based Learning Pokok Bahasan Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jenggawah

    Thumbnail
    View/Open
    FITRIA FATMAWATI.pdf (279.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    Fitria Fatmawati, Fatmawati
    Suratno
    Sulifah Aprilya Hariani, Hariani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar adalah bahan atau material atau sumber belajar yang mengandung substansi kemampuan tertentu yang akan dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku siswa berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar siswa setelah menggunakan buku siswa berbasis Problem Based Learning pokok bahasan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa, hasil penilaian kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar kognitif dan afektif, serta hasil pengisian angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Kelayakan buku siswa ditunjukkan dengan rata-rata hasil validasi oleh validator ahli dan pengguna yang mencapai 76,67% dan 90,62%. Buku siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan persentase kenaikan kemampuan pemecahan masalah 38,74% serta hasil belajar kognitif dan afektif sebesar  60,54% dan 16,30%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63235
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository