• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BY FLASH ANIMATION FOR 8 GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN DRAMA APPRECIATION

    Thumbnail
    View/Open
    DWI FIKRIYAH.pdf (263.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Dwi Fikriyah, Fikriyah
    Rusdhianti Wuryaningrum, Wuryaningrum
    Furoidatul Husniah, Husniah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Drama merupakan salah satu kesenian yang kompleks. Terdapat banyak unsur yang termuat didalamnya, salah satunya adalah akting. Akting adalah seni berperan di atas pentas. Meskipun akting merupakan unsur yang cukup penting dalam drama, pembelajaran mengenai akting masih kurang berjalan secara optimal. Hal tersebut dikarenakan tidak semua guru mampu mencontohkan teknik akting yang baik. Oleh karenanya, penggunaan media pembelajaran berbasis animasi flash penting untuk dilakukan. Berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis animasi flash, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses perancangan media pembelajaran berbasis animasi flash, (2) mendeskripsikan wujud media pembelajaran berbasis animasi flash, dan (3) mendeskripsikan kualitas media pembelajaran berbasis animasi flash. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan rancangan kuantitatif-deskriptif. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model pengembangan Plomp yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu: (1) tahap investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi dan konstruksi, serta (4) tes, evaluasi, revisi. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang memuat informasi tentang persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis animasi flash dan persepsi guru serta persepsi validator mengenai kualitas penggunaan media pembelajaran pada materi apresiasi drama. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru SMP Negeri 3 Balung serta dua dosen program studi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan berkategori baik dan respon siswa terhadap penggunaan media tergolong positif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63164
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository