| dc.description.abstract | Penelitian  ini  berfokus  pada  implementasi  model  guided  discovery.  Tujuan
penelitian  ini  adalah  untuk:  (1)  mengkaji pengaruh  model  guided  discovery
terhadap keterampilan proses sains siswa kelas  VII di SMP Negeri  1 Jelbuk,(2)
mengkaji pengaruh  model  guided  discovery  terhadap  hasil  belajar  IPA-fisika
siswa  kelas VII  SMP Negeri  1  Jelbuk.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian
eksperimen  dengan  rancangan  penelitian  menggunakan  post-test  only  control
group design. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan  t–test.
Hipotesis  dari  penelitian ini, yaitu: 1)  model  guided  discovery  berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 dan,
2) model  guided discovery  berpengaruh  signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk . Pada penelitian ini diperoleh, 1)nilai
p(signifikansi)keterampilan proses sains adalah 0,0020,05 artinya Haditerima; 2)nilai
p(signifikansi)  hasil belajar IPA-fisika siswa adalah 0,001 0,05 artinya Ha diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model  guided discovery  berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SM P Negeri  1
Jelbuk, dan (2) model  guided discovery  berpengaruh signifikan terhadap  hasil
belajarIPA-fisika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Jelbuk. | en_US |