PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK
View/ Open
Date
2014Author
Laily Rachmia S, Laily
Indrawati, Indrawati
Sri Wahyuni, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi model guided discovery. Tujuan
penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji pengaruh model guided discovery
terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jelbuk,(2)
mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap hasil belajar IPA-fisika
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control
group design. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan t–test.
Hipotesis dari penelitian ini, yaitu: 1) model guided discovery berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 dan,
2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk . Pada penelitian ini diperoleh, 1)nilai
p(signifikansi)keterampilan proses sains adalah 0,0020,05 artinya Haditerima; 2)nilai
p(signifikansi) hasil belajar IPA-fisika siswa adalah 0,001 0,05 artinya Ha diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model guided discovery berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SM P Negeri 1
Jelbuk, dan (2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajarIPA-fisika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Jelbuk.
Collections
- SRA-Education [1352]