• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Deep Dialogue Critical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kkritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA NEGERI 5 JEMBER Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    BETHA DIAN PERMANA.pdf (281.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    Betha Dian Permana, Betha
    Nurul Umamah, Nurul
    Suranto, Suranto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam pembentukan kognisi, sikap, dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu implementasi pembelajaran diharapkan memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengambil makna dari peristiwa sejarah yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Jember menggunakan pendekatan Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT). Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Maret hingga bulan April 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas yang diamati terlebih dahulu adalah kemampuan berpikir kritis. Pada siklus I meningkat menjadi 61,39% dengan peningktan sebesar 17,60% dari prasiklus sebesar 52,20%. Pada siklus II meningkat dari 61,39% menjadi 67,64% dengan peningkatan sebesar 10,18%. Pada siklus III meningkat dari 67,64 menjadi 73,52 dengan peningkatan sebesar 8,78%. Rata-rata hasil belajar peserta didik prasiklus sebesar 70,60%. Pada siklus I meningkat dari 70,60% menjadi 74,47% dengan peningktan sebesar 5,48%. Pada siklus II meningkat dari 74,47% menjadi 75,52% dengan peningkatan sebesar 1,40%. Pada siklus III meningkat dari 75,52% menjadi 77,11% dengan peningkatan sebesar 2,10%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63090
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository