Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Kertosari 02 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Sandra Dewi, Melia
Sugiarti, Titik
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan metode discovery learning pada materi pecahan
yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam
pembelajaran matematika di SDN Kertosari 02 Pakusari Jember yakni pembelajaran berpusat pada guru, metode yang sering
digunakan oleh guru adalah ceramah dan pemberian tugas. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas 4 SDN Kertosari 02
Pakusari Jember yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas,
tindakan pengajaran dan pembelajaran dilakukan oleh peneliti (guru). Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi,
tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dengan metode discovery learning,
siswa dengan bimbingan guru menemukan sendiri konsep pecahan sehingga pengetahuan yang didapat siswa tidak mudah
hilang. Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]