Penerapan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIIB SMPN 2 Rambipuji
View/ Open
Date
2013Author
Illian Retna, Inne
Suhartiningsih
Wuryaningrum, Rusdhianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Rendahnya keterampilan menulis siswa menjadi salah satu penyebab ketidakaktifan siswa di dalam kelas. Keterampilan
menulis yang belum dikuasai siswa adalah menulis narasi. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis narasi
diantaranya siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran menulis narasi, kurang terampil mengidentifikasikan ide,
kesulitan menuangkan ide dalam bentuk tulisan narasi, dan kurang terampil menggunakan ejaan dan kosa kata yang tepat
dalam tulisan. Hal ini ditengarai karena guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah dan hanya
memberikan contoh tulisan narasi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan media
cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIIB SMPN 2 Rambipuji. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media cerita bergambar dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa
setelah diterapkan media cerita bergambar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis
narasi siswa. Persentase prasiklus sebesar 35%, siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 92%.
Collections
- SRA-Education [1352]