• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Rahayu Sinanglingtyas.pdf (360.4Kb)
    Date
    2013
    Author
    Sinanglingtyas, Rahayu
    Muchtar, Imam
    Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN Tukum 01 Lumajang yakni guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu, sebagian besar siswa menganggap PKn sepele yang tidak perlu dipelajari lebih dalam. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data nilai siswa pada prasiklus hanya terdapat 56% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Persentase keaktifan siswa masih rendah, yaitu hanya 52%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang yang berjumlah 46 siswa, 25 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 78,80% menjadi 85,65%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari 76% menjadi 89%. Dapat disimpulkan, pembelajaran PKn dengan menerapkan metode Role Playing pada siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62985
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository