Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang
View/ Open
Date
2013Author
Sinanglingtyas, Rahayu
Muchtar, Imam
Rahayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn
Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. Secara umum masalah yang berhasil
diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN Tukum 01 Lumajang yakni guru kurang memberikan kesempatan kepada
siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu, sebagian besar siswa menganggap PKn sepele yang tidak perlu
dipelajari lebih dalam. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data nilai
siswa pada prasiklus hanya terdapat 56% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Persentase keaktifan siswa masih rendah,
yaitu hanya 52%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang yang berjumlah 46 siswa, 25 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa
meningkat dari 78,80% menjadi 85,65%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari 76% menjadi 89%. Dapat
disimpulkan, pembelajaran PKn dengan menerapkan metode Role Playing pada siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]