Show simple item record

dc.contributor.authorWIDOYO, Dedy
dc.contributor.authorMARDIYANTI, Yayuk
dc.contributor.authorCHUMI, Zahroyul Fitriyah
dc.date.accessioned2015-06-26T05:35:40Z
dc.date.available2015-06-26T05:35:40Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62777
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode open-ended. Hal ini dikarenakan di SD Muhammadiyah 1 Panarukan terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 22 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode open-ended ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 19%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan ratarata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukanen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectMETODE OPEN-ENDDETen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectSUKU BANGSAen_US
dc.subjectBUDAYAen_US
dc.titlePenerapan Metode Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budaya di Kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record