• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budaya di Kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Dedy Widoyo.pdf (275.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    WIDOYO, Dedy
    MARDIYANTI, Yayuk
    CHUMI, Zahroyul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode open-ended. Hal ini dikarenakan di SD Muhammadiyah 1 Panarukan terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 22 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode open-ended ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 19%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan ratarata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62777
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository