Penerapan Metode Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budaya di Kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2013/2014
View/ Open
Date
2014Author
WIDOYO, Dedy
MARDIYANTI, Yayuk
CHUMI, Zahroyul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa melalui penerapan metode open-ended. Hal ini dikarenakan di SD Muhammadiyah 1 Panarukan terdapat
permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena kurang
bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
terdiri atas 22 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode open-ended ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II
terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD
Muhammadiyah 1 Panarukan mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap
prasiklus ke siklus I sebesar 19%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II
sebesar 4%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan ratarata
hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami
peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan data di
atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di
kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan
Collections
- SRA-Education [1352]