• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INQUIRY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI MTs

    Thumbnail
    View/Open
    Zuhriyati.pdf (238.2Kb)
    Date
    2013
    Author
    Zuhriyati
    Indrawati
    Subiki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berfokus pada penerapan model inquiry dengan teknik mind mapping dalam pembelajaran IPA-Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). mengkaji perbedaan antara kemampuan kognitif produk siswa dengan model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping; 2). mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran model inquiry dengan teknik mind mapping; dan 3). mengkaji perbedaan antara motivasi belajar siswa dengan model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Paiton semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: wawancara, dokumentasi, observasi, test, dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil analisis uji t menggunakan independent sample t-test pada skor kemampuan kognitif produk dan motivasi belajar siswa berturut-turut didapatkan signifikansi 0,002 (0,002 Object 2 0,05) dan 0,005 (0,005 Object 4 0,05). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Object 6 ditolak. Selain itu, hasil análisis keterampilan proses sains didapatkan nilai 85,41% (75% ≤ 85,41 ≤ 100%) sehingga tergolong baik. Kesimpulan penelitian ini adalah; 1). Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif produk IPA-Fisika siswa dengan menggunakan model inqury dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping; 2). Persentase keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs selama mengikuti pembelajaran IPA-Fisika menggunakan model inquiry dengan teknik mind mapping termasuk dalam kategori baik; dan 3). Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan menggunakan model inqury dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62713
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository