dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII A SMP
Negeri Plalangan dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas (Action Research). Tahap-tahap penelitian dilakukan sesuai dengan siklus penelitian tindakan kelas, yaitu: (1)
perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII
A SMP Negeri Plalangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) observasi, (2) wawancara, dan (3)
dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan
adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan metode Role Play, pada
Pembelajaran Ekonomi di kelas VIII A SMPN Plalangan yaitu aktivitas siswa memiliki kriteria tinggi yakni 3,7 yang meliputi
Kesesuaian Ekspresi, pada indikator ketepatan membawakan peran juga memiliki kategori tinggi yakni 3,9, sedangkan
indicator kreativitas siswa masih tergolong sedang yaitu 3,3 dan pada indikator antusias siswa dan penguasaan konsep
memiliki kategori aktivitas yang tinggi yaitu 3,8 dan 3,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role play dapat
meningkatkan aktivitas siswa Kelas VIII A SMPN plalangan dengan jumlah total yaitu 3,8 untuk seluruh indikator dan
tergolong kriteria kategori baik. | en_US |