• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI PLALANGAN KABUPATEN JEMBER ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Nuris Laily.pdf (256.0Kb)
    Date
    2014
    Author
    Laily Fridayana, Nuris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri Plalangan dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Action Research). Tahap-tahap penelitian dilakukan sesuai dengan siklus penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri Plalangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan metode Role Play, pada Pembelajaran Ekonomi di kelas VIII A SMPN Plalangan yaitu aktivitas siswa memiliki kriteria tinggi yakni 3,7 yang meliputi Kesesuaian Ekspresi, pada indikator ketepatan membawakan peran juga memiliki kategori tinggi yakni 3,9, sedangkan indicator kreativitas siswa masih tergolong sedang yaitu 3,3 dan pada indikator antusias siswa dan penguasaan konsep memiliki kategori aktivitas yang tinggi yaitu 3,8 dan 3,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role play dapat meningkatkan aktivitas siswa Kelas VIII A SMPN plalangan dengan jumlah total yaitu 3,8 untuk seluruh indikator dan tergolong kriteria kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62710
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository