• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, & Test) pada Siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Mayang Anggraeni.pdf (308.1Kb)
    Date
    2013
    Author
    Mayang Anggraeni, Mayang
    Hari Satrijono, Hari
    Suhartiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa membaca seseorang dapat melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan membaca mutlak dikuasai oleh setiap individu . Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode PQRST. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember diterapkan metode PQRST dalam pembelajaran. Penerapan metode PQRST dibagi menjadi 2 siklus dengan siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 hanya 1 pertemuan. Siklus 1 pertemuan ke 1 merupakan tahap pengenalan metode PQRST kepada siswa dilanjutkan pada pertemuan ke 2 merupakan tahap tes untuk menguji pemahaman siswa. Siklus 2 yang merupakan pemantapan bagi siswa setelah menerapkan metode PQRST pada siklus 1. Ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode PQRST dari 56% pada pra siklus dengan 15 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas menjadi 81% pada siklus 1 dengan 22 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas . Selanjutnya, setelah melaksanakan siklus 2, diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2 dengan 25 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62697
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository