Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, & Test) pada Siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Mayang Anggraeni, Mayang
Hari Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Membaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa membaca seseorang dapat
melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan
membaca mutlak dikuasai oleh setiap individu . Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah membaca pemahaman.
Membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode PQRST. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil
belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember diterapkan metode PQRST dalam
pembelajaran. Penerapan metode PQRST dibagi menjadi 2 siklus dengan siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2
hanya 1 pertemuan. Siklus 1 pertemuan ke 1 merupakan tahap pengenalan metode PQRST kepada siswa dilanjutkan pada
pertemuan ke 2 merupakan tahap tes untuk menguji pemahaman siswa. Siklus 2 yang merupakan pemantapan bagi siswa
setelah menerapkan metode PQRST pada siklus 1. Ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode PQRST
dari 56% pada pra siklus dengan 15 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas menjadi 81% pada siklus 1 dengan 22 siswa
tuntas dan 5 siswa tidak tuntas . Selanjutnya, setelah melaksanakan siklus 2, diketahui adanya peningkatan hasil belajar
dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2 dengan 25 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas .
Collections
- SRA-Education [1352]