Show simple item record

dc.contributor.authorDekaningsih
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.contributor.authorMisno
dc.date.accessioned2015-06-24T01:49:01Z
dc.date.available2015-06-24T01:49:01Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62696
dc.description.abstractPenelitian ini mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran dan peningkatan kemampuan mengungkapkan isi cerita siswa setelah menerapkan metode sosiodrama. Masalah yang ditemui dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V ialah kurangnya kemampuan mengungkapkan pendapat tentang isi cerita yang disebabkan oleh perasaan malu, kurang percaya diri, dan kurangnya minat siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo yang terdiri dari 16 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Melalui metode sosiodrama, kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita menjadi meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Tahap prasiklus, dari 16 siswa hanya 5 siswa (31%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar. Tahap siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 11 siswa (69%). Selanjutnya, pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar sangat meningkat yaitu sebanyak 15 siswa (94%). Jadi, penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMengungkapkan Isi Ceritaen_US
dc.subjectmetode sosiodramaen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Siswa Mengungkapkan Isi Cerita melalui Metode Sosiodrama Kelas V SDN 9 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record