Peningkatan Kemampuan Siswa Mengungkapkan Isi Cerita melalui Metode Sosiodrama Kelas V SDN 9 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran dan peningkatan kemampuan
mengungkapkan isi cerita siswa setelah menerapkan metode sosiodrama. Masalah yang ditemui dalam pembelajaran bahasa
Indonesia pada siswa kelas V ialah kurangnya kemampuan mengungkapkan pendapat tentang isi cerita yang disebabkan oleh
perasaan malu, kurang percaya diri, dan kurangnya minat siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa
kelas V SDN 9 Tulungrejo yang terdiri dari 16 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.
Pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Melalui metode sosiodrama,
kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita menjadi meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa.
Tahap prasiklus, dari 16 siswa hanya 5 siswa (31%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar. Tahap siklus I, siswa yang
mencapai ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 11 siswa (69%). Selanjutnya, pada siklus II siswa yang mencapai
ketuntasan belajar sangat meningkat yaitu sebanyak 15 siswa (94%). Jadi, penggunaan metode sosiodrama dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo.
Collections
- SRA-Education [1352]