Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playingdalam Pembelajaran PKN Tema K3 (Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) di Kelas III SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013-2014
View/ Open
Date
2014Author
FITRIANNA, Alfi Yusfika Dian
YULIATI, Nanik
MARDIATI,, Yayuk
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran PKn tema K3
(Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan di
SDN 1 Setail terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Secara umum masalah yang
berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN 1 Setail yakni kurangnya variasi dalam penggunaan metode
pembelajaran,umumnya masih didominansi dengan metode ceramah . Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas III SDN 1
Setail dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas.. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan
wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Melalui Metode Role Playing guru mengenalkan
aturan-aturan yang berada di sekolah, di rumah dan di masyarakat yang harus mereka ketahui dan mereka laksanakan dengan
cara mengajak siswa bermain peran yang menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas sehingga siswa dapat merasakan
secara langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah
yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas
SDN 1 Setail mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I
sebesar 33,1%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 9,58%.
Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 25%, sedangkan peningkatan rata-rata hasil
belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 30%.Jadi, Metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]