• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playingdalam Pembelajaran PKN Tema K3 (Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) di Kelas III SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013-2014

    Thumbnail
    View/Open
    Alfi Yusfika.pdf (296.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    FITRIANNA, Alfi Yusfika Dian
    YULIATI, Nanik
    MARDIATI,, Yayuk
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran PKn tema K3 (Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan di SDN 1 Setail terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN 1 Setail yakni kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran,umumnya masih didominansi dengan metode ceramah . Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas III SDN 1 Setail dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas.. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Melalui Metode Role Playing guru mengenalkan aturan-aturan yang berada di sekolah, di rumah dan di masyarakat yang harus mereka ketahui dan mereka laksanakan dengan cara mengajak siswa bermain peran yang menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas sehingga siswa dapat merasakan secara langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas SDN 1 Setail mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 33,1%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 9,58%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 25%, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 30%.Jadi, Metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62688
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository