Show simple item record

dc.contributor.authorFitriakristiani, Rona
dc.contributor.authorHendrawijaya, A.T.
dc.contributor.authorTri Indrianti, Deditiani
dc.date.accessioned2015-05-07T04:06:13Z
dc.date.available2015-05-07T04:06:13Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62456
dc.description.abstractPenelitian ini membahas kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak yang mulai memasuki dunia persekolahan. KB (Kelompok Belajar) merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal untuk usia dini yang baru memasuki dunia persekolahan, dimana peserta didiknya sudah mempunyai rasa percaya diri, imajinasi yang tinggi & rasa ingin tahu terhadap segala hal baru. KB 'AISYIYAH III adalah salah satu KB yang berlokasi di Sumbersari Jember dimana peserta didiknya sebagai objek penelitian. Permasalahan yang ingin dipecahkan yaitu adakah kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak di KB 'AISYIYAH III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode Kuesioner dengan N=20, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS seri 21. hasil perhitungan deskripsi memperlihatkan bahwa dari 20 responden, terdapat besar kontribusi yang berbeda-beda. Gambaran umum tiap indikator pendidikan keluarga yaitu memberikan keyakinan agama terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 74,9% ,memberikan keyakinan agama terhadap imajinasi memberikan sebesar 77,5%, memberikan keyakinan agama terhadap rasa ingin tahu sebesar 21,3%. Adapun besar pengaruh kontribusi indikator perkembangan bahasa terhadap terhadap percaya diri sebesar 61,1%, perkembangan bahasa terhadap imajinasi sebesar 51,4%, perkembangan bahasa terhadap rasa ingin tahu sebesar 24,5%. Sedangkan perkembangan sosial terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 69%, perkembangan sosial terhadap imajinasi sebesar 25,1%, Sedangkan untuk perkembangan sosial terhadap rasa ingin tahu sebesar 45,9%. Diketahui bahwa adanya kontribusi menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu adanya kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas di KB ‘AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2013-2014.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectPendidikan Keluargaen_US
dc.subjectPerkembangan kreativitas anaken_US
dc.titleKontribusi Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di KB 'AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember Tahun 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record