Kontribusi Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di KB 'AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember Tahun 2013/2014
View/ Open
Date
2012Author
Fitriakristiani, Rona
Hendrawijaya, A.T.
Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak yang mulai memasuki
dunia persekolahan. KB (Kelompok Belajar) merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal untuk usia dini yang baru
memasuki dunia persekolahan, dimana peserta didiknya sudah mempunyai rasa percaya diri, imajinasi yang tinggi & rasa
ingin tahu terhadap segala hal baru. KB 'AISYIYAH III adalah salah satu KB yang berlokasi di Sumbersari Jember
dimana peserta didiknya sebagai objek penelitian. Permasalahan yang ingin dipecahkan yaitu adakah kontribusi
pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak di KB 'AISYIYAH III. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kontribusi dari pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik populasi. Metode pengumpulan data
menggunakan metode Kuesioner dengan N=20, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan
menggunakan Regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS seri 21. hasil perhitungan deskripsi
memperlihatkan bahwa dari 20 responden, terdapat besar kontribusi yang berbeda-beda. Gambaran umum tiap indikator
pendidikan keluarga yaitu memberikan keyakinan agama terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar
74,9% ,memberikan keyakinan agama terhadap imajinasi memberikan sebesar 77,5%, memberikan keyakinan agama
terhadap rasa ingin tahu sebesar 21,3%. Adapun besar pengaruh kontribusi indikator perkembangan bahasa terhadap
terhadap percaya diri sebesar 61,1%, perkembangan bahasa terhadap imajinasi sebesar 51,4%, perkembangan bahasa
terhadap rasa ingin tahu sebesar 24,5%. Sedangkan perkembangan sosial terhadap percaya diri memberikan pengaruh
kontribusi sebesar 69%, perkembangan sosial terhadap imajinasi sebesar 25,1%, Sedangkan untuk perkembangan sosial
terhadap rasa ingin tahu sebesar 45,9%. Diketahui bahwa adanya kontribusi menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima
yaitu adanya kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas di KB ‘AISYIYAH III Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2013-2014.
Collections
- SRA-Education [1352]