• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di KB 'AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember Tahun 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Rona Fitria.pdf (253.7Kb)
    Date
    2012
    Author
    Fitriakristiani, Rona
    Hendrawijaya, A.T.
    Tri Indrianti, Deditiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak yang mulai memasuki dunia persekolahan. KB (Kelompok Belajar) merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal untuk usia dini yang baru memasuki dunia persekolahan, dimana peserta didiknya sudah mempunyai rasa percaya diri, imajinasi yang tinggi & rasa ingin tahu terhadap segala hal baru. KB 'AISYIYAH III adalah salah satu KB yang berlokasi di Sumbersari Jember dimana peserta didiknya sebagai objek penelitian. Permasalahan yang ingin dipecahkan yaitu adakah kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak di KB 'AISYIYAH III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode Kuesioner dengan N=20, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS seri 21. hasil perhitungan deskripsi memperlihatkan bahwa dari 20 responden, terdapat besar kontribusi yang berbeda-beda. Gambaran umum tiap indikator pendidikan keluarga yaitu memberikan keyakinan agama terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 74,9% ,memberikan keyakinan agama terhadap imajinasi memberikan sebesar 77,5%, memberikan keyakinan agama terhadap rasa ingin tahu sebesar 21,3%. Adapun besar pengaruh kontribusi indikator perkembangan bahasa terhadap terhadap percaya diri sebesar 61,1%, perkembangan bahasa terhadap imajinasi sebesar 51,4%, perkembangan bahasa terhadap rasa ingin tahu sebesar 24,5%. Sedangkan perkembangan sosial terhadap percaya diri memberikan pengaruh kontribusi sebesar 69%, perkembangan sosial terhadap imajinasi sebesar 25,1%, Sedangkan untuk perkembangan sosial terhadap rasa ingin tahu sebesar 45,9%. Diketahui bahwa adanya kontribusi menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu adanya kontribusi pendidikan keluarga terhadap perkembangan kreativitas di KB ‘AISYIYAH III Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2013-2014.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62456
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository