Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Masundawa, Yunita
dc.contributor.authorMarijono, Marijono
dc.contributor.authorDeditiani Tri Indrianti, Deditiani
dc.date.accessioned2015-05-07T03:56:35Z
dc.date.available2015-05-07T03:56:35Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62442
dc.description.abstractSalah satu fenomena sosial yang terjadi di lingkungan Perguruan Tinggi adalah maraknya mahasiswa menjadi pengajar privat yang terjadi pada setiap tahunnya. Hal ini tentu didorong oleh beberapa faktor yang mendorong mereka melakukan aktivitas mengajar privat. Faktor-faktor yang muncul bisa beragam sesuai dengan kebutuhan atau tujuan yang hendak dicapai. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi seseorang untuk bertindak, faktor instrinsik(internal) dan faktor ekstrinsik(eksternal). Mereka sebagai mahasiswa keguruan calon pendidik tentunya sudah mendapatkan bekal ilmu pengajaran di dalam perkuliahan. Kondisi persaingan global di bidang pendidikan saat ini memang menuntut para praktisi pendidikan khususnya mahasiswa untuk semakin meningkatkan kualitas diri. Dengan kondisi seperti ini dinilai kurang dalam meningkatkan kualitas diri dalam pengajaran. Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengajar privat. Aktivitas ini tidak hanya dimanfaatkan untuk peningkatkan kualitas diri tapi juga untuk mengkatkan finansial. Permasalahan yang ingin diselesaikan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi instrinsik dan esktrinsik terhadap aktivitas mengajar privat pada mahasiswa FKIP Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua motivasi tersebut terhadap aktivitas mengajar privat mahasiswa FKIP Universitas Jember. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket yang ditujukan pada 37 responden, yaitu mahasiswa FKIP Unej dengan spesifikasi program studi dan angkatan (matematika,bahasa inggris dan fisika angkatan 2010,2011,2012) dengan menggunakan teknik non probability sampling. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda dan perhitungan koefisien determinasi menunjukan kedua motivasi berpengaruh kurang positif dengan 40,3 % mempengaruhi aktivitas mengajar privat dan sisanya 59,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diterangkan pada penelitian ini. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi instrinsik dan ekstrinisk terhadap aktivitas mengajar privat pada mahasiswa FKIP Unej tahun 2013 dengan kondisi pengaruh yang rendah.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectaktivitas mengajar privaten_US
dc.subjectmotivasi ekstrinsiken_US
dc.subjectinstrinsiken_US
dc.titlePengaruh Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Aktivitas Mengajar Privat Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember Tahun 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record