Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Aktivitas Mengajar Privat Pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember Tahun 2013
View/ Open
Date
2013Author
Yunita Masundawa, Yunita
Marijono, Marijono
Deditiani Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu fenomena sosial yang terjadi di lingkungan Perguruan Tinggi adalah maraknya mahasiswa menjadi pengajar
privat yang terjadi pada setiap tahunnya. Hal ini tentu didorong oleh beberapa faktor yang mendorong mereka melakukan
aktivitas mengajar privat. Faktor-faktor yang muncul bisa beragam sesuai dengan kebutuhan atau tujuan yang hendak
dicapai. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi seseorang untuk bertindak, faktor instrinsik(internal) dan faktor
ekstrinsik(eksternal). Mereka sebagai mahasiswa keguruan calon pendidik tentunya sudah mendapatkan bekal ilmu
pengajaran di dalam perkuliahan. Kondisi persaingan global di bidang pendidikan saat ini memang menuntut para praktisi
pendidikan khususnya mahasiswa untuk semakin meningkatkan kualitas diri. Dengan kondisi seperti ini dinilai kurang
dalam meningkatkan kualitas diri dalam pengajaran. Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan
mengajar privat. Aktivitas ini tidak hanya dimanfaatkan untuk peningkatkan kualitas diri tapi juga untuk mengkatkan
finansial. Permasalahan yang ingin diselesaikan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi instrinsik dan
esktrinsik terhadap aktivitas mengajar privat pada mahasiswa FKIP Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kedua motivasi tersebut terhadap aktivitas mengajar privat mahasiswa FKIP
Universitas Jember. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket yang ditujukan pada 37 responden, yaitu
mahasiswa FKIP Unej dengan spesifikasi program studi dan angkatan (matematika,bahasa inggris dan fisika angkatan
2010,2011,2012) dengan menggunakan teknik non probability sampling. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan
analisis data regresi linier berganda dan perhitungan koefisien determinasi menunjukan kedua motivasi berpengaruh
kurang positif dengan 40,3 % mempengaruhi aktivitas mengajar privat dan sisanya 59,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain yang tidak diterangkan pada penelitian ini. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi
instrinsik dan ekstrinisk terhadap aktivitas mengajar privat pada mahasiswa FKIP Unej tahun 2013 dengan kondisi
pengaruh yang rendah.
Collections
- SRA-Education [1352]