• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS KELAS XI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Prita M..pdf (261.9Kb)
    Date
    2014
    Author
    Mahayoningrum, Prita
    Sukatman
    Muti’ah, Arju
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Kewajiban guru tersebut tercantum dalam Permendiknas No. 41 Thn 2007. RPP merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu KD (Departemen Pendidikan Nasional). Seorang guru akan mengalami hambatan dalam proses pembelajaran apabila tidak mempersiapkan yang akan diajarkannya . Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP adalah ketepatan perumusannya dan relevansi antarkomponennya. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa kata-kata dan kalimat yang mengungkapkan hal-hal yang berkenaan dengan kondisi setiap komponen RPP. Mengacu pada rumusan masalah, jenis penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi:1) Aspek Kompetensi dalam Rumusan Indikator yang mencakup ranah kompetensi kognitif dan ranah psikomotor abstrak, 2) Kecukupan Materi Pembelajaran, 3) Pengorganisasian Skenario Pembelajaran yang mencakup kejelasan dan keoprasionalan rumusan dan variasi metode pembelajaran), 4) Kualitas evaluasi pembelajaran (Konstruksi, Penskoran), dan 5) Relevansi antarkomponen dalam penyusunan RPP. Berdasarkan hasil dan pembahasan RPP Menulis kelas XI SMAN 2 Jember tidak terdapat ranah afektif. Variasi metode pembelajaran yang paling dominan adalah metode diskusi. Kemudian penilaian (pada evaluasi pembelajaran) hanya dilakukan pada ranah psikomotor abstrak saja.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61719
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository