ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA ASPEK KETERAMPILAN MENULIS KELAS XI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
View/ Open
Date
2014Author
Mahayoningrum, Prita
Sukatman
Muti’ah, Arju
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Kewajiban guru tersebut
tercantum dalam Permendiknas No. 41 Thn 2007. RPP merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu KD (Departemen Pendidikan Nasional). Seorang guru akan
mengalami hambatan dalam proses pembelajaran apabila tidak mempersiapkan yang akan diajarkannya . Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP adalah ketepatan perumusannya dan relevansi antarkomponennya. Rancangan
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data berupa kata-kata dan kalimat yang mengungkapkan hal-hal yang
berkenaan dengan kondisi setiap komponen RPP. Mengacu pada rumusan masalah, jenis penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi:1) Aspek Kompetensi dalam Rumusan Indikator yang mencakup ranah
kompetensi kognitif dan ranah psikomotor abstrak, 2) Kecukupan Materi Pembelajaran, 3) Pengorganisasian Skenario
Pembelajaran yang mencakup kejelasan dan keoprasionalan rumusan dan variasi metode pembelajaran), 4) Kualitas
evaluasi pembelajaran (Konstruksi, Penskoran), dan 5) Relevansi antarkomponen dalam penyusunan RPP. Berdasarkan
hasil dan pembahasan RPP Menulis kelas XI SMAN 2 Jember tidak terdapat ranah afektif. Variasi metode pembelajaran
yang paling dominan adalah metode diskusi. Kemudian penilaian (pada evaluasi pembelajaran) hanya dilakukan pada
ranah psikomotor abstrak saja.
Collections
- SRA-Education [1352]