Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Mualisah
dc.date.accessioned2015-02-16T02:27:36Z
dc.date.available2015-02-16T02:27:36Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61337
dc.description.abstractPembelajaran modem menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam pemerolehan fakta, prinsip, dan konsep yang dibutuhkan. Dengan belajar penyelidikan akan melatih kogninif-kognitif siswa untuk menemukan dan memccahkan rnasalah. Pem1asalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir yang menggunakan model belajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika. ; 2) Bagaimanakah aktifitas Siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penernuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir yang menggunakan model belajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika. ; 2) Untuk mengetahui kea'k-tifan siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penemuan terbimbing.Hipotesis yang diajukan adalah : Ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penemuan terbimbing. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pre-test dan posttest design dan daerah penelitian ditetapkan di SMU Negeri 4 Jember pada kelas h Pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, interviu dan tes. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test digunakan rum us: t = Md I ~ N(N- 1) dan aktivitas siswa dalam model belajar penemuan terbimbing ditentukan dengan: P=n/Nx100%. Dari hasil analisa data dan diperoleh bahwa thitung = 18.66221. Sedangkan ttabel = 2.68 sehingga Ho ditolak. Untuk nilai aktivitas diperoleh 84,2 %, yang menunjukkan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan yang· signifikan antara hasil belajar fisika siswa sebelurn dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan model belajar penemuan terbimbing pokok bahasan getaran dan gelombang pada siswa kelas l cawu 3 SMU Neger:i 4 Jember tahun ajaran 2001 /2002 . ~ 2) Aktifitas siswa kelas 13 pada saat menggunakan model helajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika di SMU Negeri 4 Jernber pokok bahasan getaran dan gelombang tahun ajaran 2001/2002 dengan prosentase rata-rata siswa aktif dalam pembelajaran sebesar 84,2 % yang termasuk predikat sangat baik.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectFSIKA, GETARAN DAN GELOMBANGen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL BELAJAR PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas I cawu 3 SMU Negeri 4 jember Tahun Ajaran 2001/2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record