• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL BELAJAR PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas I cawu 3 SMU Negeri 4 jember Tahun Ajaran 2001/2002)

    Thumbnail
    View/Open
    Siti mualisah_irh.pdf (2.034Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Siti Mualisah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran modem menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam pemerolehan fakta, prinsip, dan konsep yang dibutuhkan. Dengan belajar penyelidikan akan melatih kogninif-kognitif siswa untuk menemukan dan memccahkan rnasalah. Pem1asalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir yang menggunakan model belajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika. ; 2) Bagaimanakah aktifitas Siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penernuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir yang menggunakan model belajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika. ; 2) Untuk mengetahui kea'k-tifan siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penemuan terbimbing.Hipotesis yang diajukan adalah : Ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran fisika menggunakan model belajar penemuan terbimbing. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pre-test dan posttest design dan daerah penelitian ditetapkan di SMU Negeri 4 Jember pada kelas h Pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, interviu dan tes. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test digunakan rum us: t = Md I ~ N(N- 1) dan aktivitas siswa dalam model belajar penemuan terbimbing ditentukan dengan: P=n/Nx100%. Dari hasil analisa data dan diperoleh bahwa thitung = 18.66221. Sedangkan ttabel = 2.68 sehingga Ho ditolak. Untuk nilai aktivitas diperoleh 84,2 %, yang menunjukkan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan yang· signifikan antara hasil belajar fisika siswa sebelurn dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan model belajar penemuan terbimbing pokok bahasan getaran dan gelombang pada siswa kelas l cawu 3 SMU Neger:i 4 Jember tahun ajaran 2001 /2002 . ~ 2) Aktifitas siswa kelas 13 pada saat menggunakan model helajar penemuan terbimbing dalam pembelajaran fisika di SMU Negeri 4 Jernber pokok bahasan getaran dan gelombang tahun ajaran 2001/2002 dengan prosentase rata-rata siswa aktif dalam pembelajaran sebesar 84,2 % yang termasuk predikat sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61337
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository