STUDI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LKS PADA POKOK BAHASAN FLUIDA TAKBERGERAK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa salah satu cara
untuk mengatasi kesulitan dalam pemahaman konsep fisika adalah dengan
,enggunakan media pacta proses pembelajaran. Selanjutnya dari latar belakang
disusun rumusan masalah yaitu seberapa besar pemahaman konsep siswa dan
seberapa besar peningkatan pemahaman konsep siswa dalam Pembelajran fisika
dengan menggunakan LKS p?.da pokok bahasan fluida tak oergerak . tujuan
penelitian iru adalah untuk: mengetahui pemahaman konsep siswa dan peningkatan
pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan LKS pada
pokok bahasan fluida tak bergerak. Manfaat penelitian ini diharapkan untuk
memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep nuida tak bergerak,
memberi baban masukan bagi guru sebagai altematif dalam pembelajaran, dalam
usaha memperrnudah penerimaan konsep yang diperlukan. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Smnber data adalah kelas [4 catur
wulan 2 tahun pelajaran 2000/2001 SMU Negeri I Arjasa. Data konsepsi siswa
diperoleh rnelalui tes. dan wawancara. Analisa data secara deskriptif kuantitatif
dengan menggunakan rumus prosentase. Dari hasil analisis dan pembahasan
diperoleh kesimpulan terjadi peningkatan konsepsi siswa tentang konsep fluida tak
bergerak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar penggunaan LKS
dijadikan sebagai salah. satu alternatif untuk mempennudah pemabaman konsep
dalam pembelajaran fisika pokok bahasan fluida tak bergerak pada seluruh siswa
kelas I paralel dijadikan sebagai bahan masuk:an bagi peneliti untuk meneliti lebih
lanjut.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]