dc.contributor.author | Mamik Islami Nur Hidayati | |
dc.date.accessioned | 2015-02-09T01:05:40Z | |
dc.date.available | 2015-02-09T01:05:40Z | |
dc.date.issued | 2015-02-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61291 | |
dc.description.abstract | Dalam mengantisipasi kemajuan IPTEK beserta dampaknya dan untuk
menjembatani jurang pemisah antara kemajuan IPTEK dengan dorongan untuk
memperoleh infonnasi ilmiah dalam pendidikan serta nilai-nilai sains dalam
masyarakat dapat diimplementasikan program pendidikan sains yang disebut
Sains-Teknologi-Masyarakat (STM). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian
ini adalah : 1) adakah perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes
akhir yang menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran Fisika SMU?~ 2)
seberapa besar efektivitas pendekatan STM dalam pembelajaran fisika SMU?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan
menggunakan pendekatan STM; 2)mengetahui efektivitas pendekatan STM
dalam pembelajaran fisika SMU. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah : 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir dalam
pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM efektif
digunakan dalam pembelajaran fisika. Dalam penelitian ini digunakan rancangan
one group pretes-postes design dan daerah penelitian ctitetapkan di SMU Negeri 1
Jember pada kelas 11. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
metode dokumentasi, observasi, interview, dan tes. Analisa data untuk
menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pas-test digunakan
rumus: t = Md , v' Ex.'d I N(N-1) dan efektivitas pendekatan STM ditentukan
dengan : I} = (N2 - N1 1 N 1) x 100% . Dari hasil analisa data dan pengujian
hipotesis diperoleh bahwa thitung = 8.64 sedangkan ttabel = 2.092 sehingga Ho ditolak.
Untuk nilai efektivitas diperoleh 29.785% yang menunjukkan kriteria cukup
efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan
menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM cukup efektif dalarn
meningkatkan hasil belajar fisika. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | PENGGUNAAN PENDEKATAN STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMU | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN PENDEKATAN STM (SAINS-TEKNOLOGI- MASYARAKAT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMU (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak lurus Pada Siswa Kelas I Cawu I SMU Negeri I Jember Tahun Ajaran 2001/2002) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |