• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN PENDEKATAN STM (SAINS-TEKNOLOGI- MASYARAKAT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMU (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak lurus Pada Siswa Kelas I Cawu I SMU Negeri I Jember Tahun Ajaran 2001/2002)

    Thumbnail
    View/Open
    Mamik Islami Nur hidayat_irh.pdf (1.797Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Mamik Islami Nur Hidayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam mengantisipasi kemajuan IPTEK beserta dampaknya dan untuk menjembatani jurang pemisah antara kemajuan IPTEK dengan dorongan untuk memperoleh infonnasi ilmiah dalam pendidikan serta nilai-nilai sains dalam masyarakat dapat diimplementasikan program pendidikan sains yang disebut Sains-Teknologi-Masyarakat (STM). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) adakah perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir yang menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran Fisika SMU?~ 2) seberapa besar efektivitas pendekatan STM dalam pembelajaran fisika SMU?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan STM; 2)mengetahui efektivitas pendekatan STM dalam pembelajaran fisika SMU. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM efektif digunakan dalam pembelajaran fisika. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pretes-postes design dan daerah penelitian ctitetapkan di SMU Negeri 1 Jember pada kelas 11. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode dokumentasi, observasi, interview, dan tes. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pas-test digunakan rumus: t = Md , v' Ex.'d I N(N-1) dan efektivitas pendekatan STM ditentukan dengan : I} = (N2 - N1 1 N 1) x 100% . Dari hasil analisa data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung = 8.64 sedangkan ttabel = 2.092 sehingga Ho ditolak. Untuk nilai efektivitas diperoleh 29.785% yang menunjukkan kriteria cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM cukup efektif dalarn meningkatkan hasil belajar fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61291
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository