STUDI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LKS PADA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNY A (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS 1-E CA\VU I SL TPK MARIA FA TJMA JEMBER T AHUN AJA RAN 2000 - 2001)
Abstract
Metode mengajar fisika yang dapat melibatkan seluruh siswa secara aktif
adalah metode eksperimen. Selama ini pembelajaran fisika di SLTPK Maria Fatima
menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi yang disebabkan karena
keterbatasan jumlah alat sehingga siswa tampak kurang aktif dalam kegiatan belajar
mengajar. Untuk itu peneliti mencoba meningkatkan keaktifan siswa dengan
menggunakan metode eksperimen secara berkelompok. Masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah keaktifan siswa dalam pembelajaran fisika sedangkan tujuan
penelitian untuk mengkaji sejauh manakah keaktifan siswa dalam pembelajaran fisika
pada Pokok Bahasan Zat dan Wujudnya yang diajarkan menggunakan metode
eksperimen yang disertai LKS. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas f-E Cawu I di SLTPK Maria Fatima Jember tahun ajaran 2000-200 I yang
berjumlah 51 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi dan tes. Data dianalisa dengan menggunakan prosentase
berdasarkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Keaktifan siswa mi
dihubungkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil analisa data menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan siswa dari 51% dengan predikat kurang menjadi 85%
dcngan predikat sangat baik. Begitu juga mengenai ketuntasan hasil belajar, hanya
terdapat 1 siswa yang tidak tuntas belajar karena daya serapnya hanya mencapai 55%
sedangkan 50 siswa tuntas belajar karena daya serap masing-masing > 65% sehingga
ketuntasan klasikal mencapai 98%. Berarti kelas tersebut mencapai ketuntasan
klasikal karena lebih dari 85% siswa tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa
metode eksperimen cukup efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika pada pokok
bahasan Zat dan Wujudnya. Dengan demikian metode eksperimen dapat digunakan
sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]