dc.contributor.author | Elistyowati | |
dc.date.accessioned | 2015-02-05T04:29:32Z | |
dc.date.available | 2015-02-05T04:29:32Z | |
dc.date.issued | 2015-02-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61284 | |
dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sering disebut sains merupakan bagian
dari ilmu pengetahuan yang mempunyai andil cukup besar bagi pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Permasalahan yang dikaji dalam
penelitian ini adallh : I) apakah strategi pembelajaran fisika dengan pndekatan
STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika siswa jika dibandingkan dengan
pendekatan konvensional? 2) apakah strategi pembelajaran fisika dengan
pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi siswa jika
dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah
1) untuk mengetaltui apakah strategi pembelajaran dengan pendekatan STM dapat
meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan dengan pendekatan
konvensional? 2 ) untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran dengan
pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi jika
dibandingkan dengan pendekatan konvensional ?. Hjpotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah.1) penguasaan konsep dasar fisika yang diajar dengan
pendekatan STM meningkat jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional,
2) literasi sains dan teknologi siswa yang diajar dengan pendekatan STM
meningkat jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan
konvensional. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis statistik
dengan menggunakan ANAVA satu jalur yang signifikansinya diuji dengan uji F
dan dilanjutkan lagi dengan uji t. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis
diperoleh bahwa untuk penguasaan konsep dasar fisika t hit =7,66 sedangkan t
tabel = 1,66 dengr.n demikian Ho ditolak. Begitu juga dengan literasi sains dan
teknologi didapat t hit = 7,3 sedangkan t tabel 1,66 dengan dernikian Ho ditolak
sehingga dapat disimpulkan bahwa: 2) strategi belajar mengajar dengan
pendekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan
dengan pendekatan konvensiona!. 2) stratcgi belajar mengajar dengan pendekatan
STM japat meningkatkan literasi sains dan teknolog.i siswa jika dibandingkan
dengan pendekatan konvensional.
XI | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | PENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN FlSIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN FlSIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (Studi komparatif bahan kajian energi pada siswa kelas l cawu III di SLTP 4 Jember tahun pelajaran 2001/2002) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |