• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN FlSIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (Studi komparatif bahan kajian energi pada siswa kelas l cawu III di SLTP 4 Jember tahun pelajaran 2001/2002)

    Thumbnail
    View/Open
    Elistyowati_irh.pdf (1.563Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Elistyowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sering disebut sains merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempunyai andil cukup besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adallh : I) apakah strategi pembelajaran fisika dengan pndekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional? 2) apakah strategi pembelajaran fisika dengan pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetaltui apakah strategi pembelajaran dengan pendekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional? 2 ) untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran dengan pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional ?. Hjpotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah.1) penguasaan konsep dasar fisika yang diajar dengan pendekatan STM meningkat jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional, 2) literasi sains dan teknologi siswa yang diajar dengan pendekatan STM meningkat jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan ANAVA satu jalur yang signifikansinya diuji dengan uji F dan dilanjutkan lagi dengan uji t. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa untuk penguasaan konsep dasar fisika t hit =7,66 sedangkan t tabel = 1,66 dengr.n demikian Ho ditolak. Begitu juga dengan literasi sains dan teknologi didapat t hit = 7,3 sedangkan t tabel 1,66 dengan dernikian Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa: 2) strategi belajar mengajar dengan pendekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan dengan pendekatan konvensiona!. 2) stratcgi belajar mengajar dengan pendekatan STM japat meningkatkan literasi sains dan teknolog.i siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. XI
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61284
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository